TRANSFORMED RIDERS

thejourney

EASTPLORIDE: Ride For Mission




“Experiencing the life changing journey through ride for mission”

Melihat ke belakang setiap dari kita tentunya pernah mengalami kebaikan dan kami percaya kebaikan yang kita terima itu lebih dari sekali terjadi dalam hidup kita masing-masing. Dari banyak kebaikan tersebut ada kebaikan-kebaikan yang tidak bisa kita balas langsung kepada pemberi kebaikan namun bisa kita balas dengan cara melakukan kebaikan kepada orang lain. Hal tersebut mendorong kami untuk mendukung salah seorang teman kami yang memiliki project berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan kelompok tani di Nusa Tenggara secara mandiri. Demi efisiensi dan efektivitas dalam melakukan kunjungan kelompok-kelompok yang tersebar di berbagai tempat di Nusa Tenggara moda penjangkauan yang semula menggunakan moda udara dan roda empat dialihkan ke moda petualangan roda dua. Pada perkembangan pelaksanaannya bukan soal keindahan alamnya saja yang kami dapatkan namun juga banyak cerita miris yang kami dapatkan. Sulit air, sekolah rubuh, gedung sekolah dari kandang, minimnya guru dan fasilitas belajar mengajar, perdagangan manusia, tingkat kematian bayi tinggi dan isu-isu sosial lain khususnya yang berkaitan dengan anak-anak dan perempuan menjadi sebuah realitas yang umum.

Fakta bahwa 5 propinsi termiskin di Indonesia terletak di Indonesia Timur semakin memantapkan kami untuk bersama-sama mengeksplorasi wilayah  ini agar lebih mengenal medan serta mengembangkan jaringan relasi lokal agar misi yang sudah dijalankan bisa diperluas lagi. EASTPLORIDE menggambarkan kegerakan kami, berkendara di timur jauh untuk berbagi dan menemukan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan sosial di sana. Indonesia timur dipilih bukan karena di wilayah yang lebih dekat di bagian barat sudah tidak ada yang perlu dibantu lagi, justru karena kami berharap dan percaya akan banyak kegerakan sejenis muncul khususnya untuk melayani mereka yang mebutuhkan di bagian barat negeri ini, maka kami memilih untuk mengambil bagian di timur yang lebih jarang mendapatkan kesempatan untuk dipikirkan dan dijangkau.

EASTPLORIDE hadir bukan untuk berkompetisi dengan social movements yang ada, melainkan untuk bisa melengkapi dan saling mendukung sehingga EASTPLORIDE sangat terbuka untuk kolaborasi.

Seseorang mengatakan bahwa ada 3 jenis liburan/petualangan, yaitu:

  1. Untuk mencari kesenangan (tingkat paling rendah)
  2. Untuk belajar (tingkat yang lebih tinggi)
  3. Untuk memberi (tingkat yang paling tinggi)

Mengacu pada hal tersebut EASTPLORIDE mengajak para riders untuk bertransformasi dari tingkat paling rendah menuju tingkat yang paling tinggi dengan menjalankan sebuah misi dalam setiap perjalanannya. Melalui misi-misi yang ditetapkan dan dijalankan EASTPLORIDE Riders bisa terlibat untuk berperan serta menjadi bagian kecil dari usaha besar bangsa yang tercantum dalam kalimat terakhir “Pembukaan UUD 45” yaitu mewujudkan suatu keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia